Entri Populer

MENGATASI HARDISK EXTERNAL YANG LEMOT DAN SULIT BACA FILE

Diposkan oleh jundullah-online Sabtu, 10 Desember 2011


Hardisk external merupakan barang yang tidak asing lagi bagi kita maniak komputer,baik mereka yang memang seorang " Dokter " PC maupun pengguna awam yang kebutuhanya akan file atau data baik tipe .mp3,.mp4,.jpg ataupun .exe yang mrupakan exetensi dari sebuah progam komputer menu wajib yang harus dimilikinya. yang kebutuhan untuk memindah data dalam satu komputer ke komputer lainya ukuran yang besar. pada perkembangannya hardisk external saat ini sudah ada yang berukuran sampai 2 TB. beberapa vendor saling berlomba untuk menciptakan hardisk external yang semakin besar. karena dari waktu ke waktu kebutuhan untuk media penyimpanan data semakin besar saja. tp bagaimanakah jika hardisk external kesayangan kita bermasalah? pusing, dan jengkel tentunya. apalagi jika di dalam hardisk external tersebut berisi data atau foto penting kenangan jaman tempoe doloe.

berikut murupakan caranya untuk mengatasinya:

1. Tancapkan ke usb komputer, kalau bisa di port yang belakang.
2. tancapakan dua ujung usb kabel (jika masih menggunakan model hdd lama, kabel usb bercabang)
3. biarkan usb device terbaca di komputer, tunggu hingga partisi hardisk external terbaca di my computer.
4. setelah hardisk sudah terbaca, matikan komputer dengan shut down. tunggu sampai mati, karna proses shut down akan berjalan lebih lama dari biasa.
5. hidupkan komputer, coba hardisk external apa sudah berjalan normal.
6. ulangi langkah 5 jika hardisk masih sulit di baca.

Untuk proses ke 5 ini saya mengulangi sampai 3x baru hardisk external saya bisa normal kembali. saya kira masalah seperti ini di karenakan umur hardis saya yang sudah jadul, ternyata saya pernah menjumpai kasus ini di hardis yang masih terbilang baru. bahkan ada yang baru pakai 2 bulan saja. untungnya cara ini cukup jitu, tanpa resiko pula.
sebenarnya masalah ini terjadi karena jarum pembaca hardisknya tidak berada di tempat / parkir di tempat yang sesuai. hal ini umumnya di sebabkan koneksi yang secara tiba tiba terputus pada saat hardisk external sedang bekerja. maka ada tips biar hardisk external awet.
1. selalu ejek hardisk external bila selesai pakai.
2. jangan cabut kabel usb bila hardisk sedang bekerja, misal copi data.
3. amankan dari benturan, apalagi jatuh.
4. gunakan dengan posisi hardisk tengkurap. jangan posisi miring atau berdiri.
4. gunakan fasilitas defrag hardisk.

trik ini berdasarkan pengalaman pribadi, mohon maaf jika ada kesalahan.



Artikel Terkait:

0 komentar

Poskan Komentar